Karena lidah tak bertulang

Setiap orang memiliki lidah, memiliki keinginan untuk berkata, semua orang berhak untuk berbicara, semua orang tidak ada larangan untuk berbicara, semua orang bisa memberikan informasinya melalui lidahnya, semua orang bisa menyampaikan amanat melalui lidahnya. lidah merupakan salah satu alat untuk bisa berkata, tanpa adanya lidah seseorang tidak mungkin bisa berkata apa-apa.

Lidah memang sangat tajam, maka hati-hatilah dalam menggunakan lidah, tidak semua orang pandai memelihara dan menjaga lidahnya, hanya sedikit dari orang yang mampu memanfaatkan lidah, mampu menggunakan lidah untuk kebahagiaan orang lain, mampu memberikan manfaat bagi orang lain. 

Sakit karena terlukai lidah lebih parah dibandingkan dengan sakit karna terlukai pisau cukur. maka hati-hatilah dalam berbicara, jangan biarkan lidahmu menyiksa orang lain, jangan sampai lidahmu membuka aib orang lain, jangan sampai lidahmu menghancurkan hati orang lain. Karena jika seseorang telah terlukai hatinya susah bagimu untuk menyembuhkannya lagi

"Salamatul insan fii hifdi lisan" Keselamatan manusia tergantung pada lidahnya, apabila dia tidak pandai menjaga lidahnya maka diperkirakan ia tidak akan selamat hidupnya. apabila lidahnya mampu membahagiakan oranglain, mampu memberikan dorongan atau motivasi yang baik bagi orang lain, maka diperkirakan hidupnya akan selamat dan bahagia.

Karena lidah tidak bertulang maka sangat mudah untuk kita melukai orang, kita tidak sadar ada orang yang telah terlukai oleh lidah kita, kita tidak tahu ada berapa banyak orang yang menderita akibat lidah kita, kita tidak tahu apakah derita mereka bisa disembuhkan atau tidak..? karena lidah tidak bertulang maka segala unek-unekpun bisa dilontarkannya, segala kekesalanpun bisa dimuntahkanya, segala kekesalanpun bisa dikeluarkannya dengan tanpa sadar.

Begitu refleknya lidah ini mengeluarkan kata-kata kotor, betapa mudahnya lidah ini mengurai kata yang tak seharusnya di urai, betapa liheynya lidah ini membalikan fakta dan menyembunyikan realita, betapa senangnya lidah ini mengungkap keburukan-keburukan orang, betapa dan betapa. semua ini terjadi karena lidah tidak bertulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar